Text
Kemampuan Literasi Informasi Peneliti Dalam Penulisan Karya Ilmiah di Loka Litbangkes Pangandaran
Abstrak. Penguasaan literasi informasi dalam penulisan karya ilmiahrnmengindikasikan kemampuan dalam berpikir kritis, bersikap ilmiah dan etis. Olehrnkarenanya kemampuan peneliti dalam menulis karya ilmiah seharusnyarnberbanding lurus dengan penguasaan literasi informasi. Observasi di lapanganrnmasih masih mengindikasikan isu terkait dengan strategi menemukan, mengakses,rnmengevaluasi, mengorganisasi dan mengaplikasikan informasi.rnPenelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif bertujuan untukrnmemperoleh gambaran mengenai kemampuan literasi informasi peneliti dalamrnpenulisan karya ilmiah. Kerangka konsep penelitian menggunakan SCONULrnSeven Pillars Information Literacy Research Lens. Informan penelitian terdiri darirntiga peneliti dan rekan sejawatnya di Loka Litbangkes Pangandaran yangrnditentukan berdasarkan purposive sampling.rnHasil penelitian menunjukan kemampuan literasi informasi belumrnsepenuhnya dikuasai oleh peneliti. Peneliti Tingkat Pertama belum sepenuhnyarnmenguasai kompetensi Plan, Gather dan Evaluate. Peneliti Tingkat Muda belumrnmenguasai kompetensi Plan, Gather, Evaluate dan Present. Peneliti TingkatrnMadya belum sepenuhnya menguasai Plan, Gather, Evaluate, Manage danrnPresent. Faktor penghambat literasi informasi peneliti adalah kurangnyarnpartisipasi dalam pelatihan literasi informasi, keterbatasan koleksi pustaka dirnperpustakaan, tidak tersedia akses database jurnal internasional, kurangnyarnmotivasi berjejaring komunikasi ilmiah dan terbatasnya keterampilan BahasarnInggris.rnPenelitian membuktikan bahwa penguasaan literasi informasi padarnbeberapa aspek dalam Identify, Scope, Plan dan Evaluate, mengindikasikanrnkemampuan berpikir kritis dan bersikap ilmiah pada peneliti tingkat pertama,rnmuda dan madya. Isu yang terkait dalam tindakan mengakses informasi secara fullrnteks melalui Sci-Hub merupakan sikap peneliti yang tidak etis dalam menelusurrninformasi
No other version available