Perpustakaan Loka Labkesmas Pangandaran

Direktorat Jenderal Kesehatan Primer dan Komunitas - Kementerian Kesehatan R.I

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Kemampuan Literasi Informasi Peneliti Dalam Penulisan Karya Ilmiah di Loka Litbangkes Pangandaran
Bookmark Share

Text

Kemampuan Literasi Informasi Peneliti Dalam Penulisan Karya Ilmiah di Loka Litbangkes Pangandaran

Dani Arif Cahyadi - Personal Name;

Abstrak. Penguasaan literasi informasi dalam penulisan karya ilmiahrnmengindikasikan kemampuan dalam berpikir kritis, bersikap ilmiah dan etis. Olehrnkarenanya kemampuan peneliti dalam menulis karya ilmiah seharusnyarnberbanding lurus dengan penguasaan literasi informasi. Observasi di lapanganrnmasih masih mengindikasikan isu terkait dengan strategi menemukan, mengakses,rnmengevaluasi, mengorganisasi dan mengaplikasikan informasi.rnPenelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif bertujuan untukrnmemperoleh gambaran mengenai kemampuan literasi informasi peneliti dalamrnpenulisan karya ilmiah. Kerangka konsep penelitian menggunakan SCONULrnSeven Pillars Information Literacy Research Lens. Informan penelitian terdiri darirntiga peneliti dan rekan sejawatnya di Loka Litbangkes Pangandaran yangrnditentukan berdasarkan purposive sampling.rnHasil penelitian menunjukan kemampuan literasi informasi belumrnsepenuhnya dikuasai oleh peneliti. Peneliti Tingkat Pertama belum sepenuhnyarnmenguasai kompetensi Plan, Gather dan Evaluate. Peneliti Tingkat Muda belumrnmenguasai kompetensi Plan, Gather, Evaluate dan Present. Peneliti TingkatrnMadya belum sepenuhnya menguasai Plan, Gather, Evaluate, Manage danrnPresent. Faktor penghambat literasi informasi peneliti adalah kurangnyarnpartisipasi dalam pelatihan literasi informasi, keterbatasan koleksi pustaka dirnperpustakaan, tidak tersedia akses database jurnal internasional, kurangnyarnmotivasi berjejaring komunikasi ilmiah dan terbatasnya keterampilan BahasarnInggris.rnPenelitian membuktikan bahwa penguasaan literasi informasi padarnbeberapa aspek dalam Identify, Scope, Plan dan Evaluate, mengindikasikanrnkemampuan berpikir kritis dan bersikap ilmiah pada peneliti tingkat pertama,rnmuda dan madya. Isu yang terkait dalam tindakan mengakses informasi secara fullrnteks melalui Sci-Hub merupakan sikap peneliti yang tidak etis dalam menelusurrninformasi


Availability
#
My Library (Laporan Penelitian) 00218.S Cah k
00218.S
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
00218.S Cah k
Publisher
YOGYAKARTA : Universitas Gadjah Mada., 2018
Collation
xii, 190 p. ill. ; 30 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
00218.S
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Peneliti
Tesis
Karya Tulis Ilmiah
Literasi Informasi
SCONUL Seven Pillars Information Literacy
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment

Perpustakaan Loka Labkesmas Pangandaran
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search
Where do you want to share?